Rekomendasi Wisata Religi Indramayu


Rekomendasi Wisata Religi Indramayu


Mengunjungi wisata religi Indramayu mungkin banyak dilakukan bersama rombongan majelis taklim atau kelompok pengajian. Tapi ternyata melakukan ziarah maupun wisata religi di daerah Indramayu pun sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Memang belakangan ini, banyak ditemukan situs - situs religi di sekitar Indramayu yang diperkirakan usianya sudah ratusan tahun. Salah satu contohnya adalah makam - makam para pemuka agama Islam sejak jaman kerajaan terdahulu.

Tidak sedikit pula situs yang dibuka untuk umum agar masyarakat yang ingin berziarah, berwisata sekaligus memperdalam ilmu keagamaaan bisa mengunjungi tempat wisata religi Indramayu ini.

Rekomendasi Wisata Religi Indramayu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kebanyakan masyarakat yang berwisata religi berangkat bersama kelompok penganjiannya. Tapi bila anda ingin lebih khusyuk dalam berziarah dan mengunjungi situs religi di Indramayu, kami menyarankan anda kunjungi rekomendasi tempat - tempat wisata religi berikut ini sendirian.

1. Makam Buyut Tambi

Tempat wisata religi pertama dan paling terkenal di Indramayu yang wajib anda kunjungi adalah Makam Buyut Tambi. Situs ini berlokasi di Desa Tambi, Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Jaraknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Indramayu.

Meskipun hingga saat ini tidak ada masyarakat Indramayu yang mengetahui dengan jelas dan ingin menceritakan latar belakang dari Buyut Tambi, tapi kebanyakan orang percaya bahwa beliau adalah seorang dalang wayang kulit. Beberapa dari anda mungkin sudah tahu jika wayang kulit merupakan salah satu media para tokoh agama Islam jaman dulu untuk menyebarkan agamanya.

Makam Buyut Tambi memiliki model arsitektur yang kental dengan nuansa seni tradisional. Selain itu, tempat wisata ini juga buka selama 24 jam, setiap hari. Jadi anda bisa datang kapan pun anda sempat.

2. Makam Buyut Gentong

Tempat wisata religi Indramayu yang berkitnya adalah Makam Buyut Gentong. Makam ini berlokasi di Desa Losarang, Kecamatan Losarang, Kota Indramayu, Jawa Barat.

Hampir mirip dengan Buyut Tambi, masyarakat sekitar Indramayu juga tidak banyak yang mengetahui sepak terjang Syech Gentong. Namun beliau adalah salah satu pemuka agama yang sangat terkenal asal Indramayu.

Kondisi bangunan Makam Buyut Gentong bisa dibilang sangat sederhana dan belum banyak berubah sejak pertama kali dibuat ratusan tahun lalu. Salah satu contohnya bisa anda lihat pada bagian atap makam yang masih menggunakan atap dari alang - alang.

3. Situs Pedati Kuno

Situs Pedati Kuno merupakan salah satu tempat wisata religi di Indramayu yang pernah hilang dan tersembunyi selama bertahun - tahun. Jaman dulu, sebelum Indonesia merdeka, situs ini digunakan sebagai salah satu jalur perdagangan oleh masyarakat.

Kemudian Situs Pedati Kuno pernah terbakar hingga hampir semua barang - barang di dalamnya hangus. Bahkan selama puluhan tahun, tidak ada orang yang ingat akan situs ini.

Hingga beberapa tahun yang lalu, Situs Pedati Kuno kembali ditemukan dengan beberapa barang yang selamat dari kebakaran. Salah satunya adalah bagian - bagian dari kereta pengangkut barang berusia ratusan tahun.

4. Masjid Agung Indramayu

Setelah mengunjungi situs - situs religi dan bersejarah, kini waktunya mengakhiri perjalanan wisata dengan beribadah di Masjid Agung Indramayu. Masjid ini berlokasi di Alun-Alun, Margadadi, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Bisa dibilang Masjid Agung Indramayu adalah salah satu masjid paling terkenal di kota ini. Bukan hanya masyarakat lokal, banyak pula wisatawan yang singgah untuk beribadah dan istirahat sejenak.

Itulah rekomendasi wisata religi Indramayu yang wajib anda kunjungi. Berwisata bersama rombongan majelis taklim mungkin menyenangkan, tapi bila anda ingin lebih fokus dalam beribadah dan mempelajari sejarah - sejarah pemuka agama di Indramayu, kami sarankan anda mengujungi tempat ini sendirian.

Bila anda sedang mencari - cari tempat wisata yang rekomended banget buat anda, berkunjung lah kemari 12 Tempat Rekomendasi Wisata di Indramayu Paling Hits Terbaru.

Tidak ada komentar untuk "Rekomendasi Wisata Religi Indramayu"