Begini Pesona Pantai Tirtamaya Indramayu Jawa Barat

Pantai Tirtamaya Indramayu


Bila anda sedang mencari objek wisata indramayu, kali ini anda akan diperkenalkan dengan pantai tirtamaya indramayu. Pantai yang menjadi legenda warga indramayu ini masih ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga bahkan anda dapat membawa si kecil sampai 50 meter dari tepi pantai, hal ini karena pantai indramayu memiliki laut yang dangkal dan penangkal ombak agar pengunjung tidak terseret arus ombak.

Deskripsi tentang pantai tirtamaya indramayu jawa barat

Pantai yang menjadi ikon warga indramayu ini terbilang sangat fenomenal bahkan terdengar ke pejuru daerah seperti cirebon, majalengka, kuningan, tegal dan karawang.

Pantai ini mengalami perbaikan dan perawatan yang signifikan saat diselenggarakannya PON yang kesepuluh sehingga terdapat penahan ombak agar tidak terjadi abrasi.

Perbaikan juga dilakukan lagi pada event Asian Games pada tahun 2018 menambahkan fasilitas jembatan yang akan mengantarkan anda ke tengah laut menikmati hembusan angin laut dan dentuman suara ombak laut yang akan menambah kesan kesejukan alam,  dan penambahan dan perbaikan fasilitas lainnya yang membuat pantai tirtamaya ini semakin indah

Gambar terbaru

Berikut foto - foto pantai ala instragamable kekinian, pasti membuat anda tertarik ke sini

Laut Tirtamaya Juntinyuat

Alamat

lokasi pantai tirtamaya berada di Desa juntinyuat kabupaten indramayu regency west java, dekat dengan kota cirebon. Jarak pantai ini dengan pusat kota indramayu hanya 20 KM. Anda hanya perlu menempuh sekitar 30 menit untuk sampai di tempat ini di kota indramayu.

Untuk datang ke tempat ini anda bisa menggunakan google maps sebagai rute dalam perjalanan anda, anda cukup mengetikkan "pantai tirtamaya" dan google akan menunjukan tempatnya.

Jalan alternatif lainnya, bila anda sedang pulang mudik atau hendak mudik dan kebetulan melewati jalur pantai utara, anda akan melewati kawasan objek wisata Pantai Tirtamaya yang terletak dekat dengan pertamina Balongan dan tempat pelelangan ikan glayem. Jangan lupa sempatkan untuk mampir berlibur ketika anda sedang mudik untuk menghilangkan kepenatan di jalan dan rehat sejenak.

Sejarah

Terdapat mitos atau kepercayaan setempat mengenai asal usul pantai tirtamaya indramayu konon dulu terdapat perlabuhan yang bernama Ki Buyut Tuban. Ki Buyut Tuban ini merupakan murid dari Sunan Bonang yang bertugas untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Barat bagian barat khususnya juntinyuat dan sekitarnya. Masyarakat mempercayai jika Ki Buyut Tuban datang dengan menggunakan perahu kayu jadul.

Mengapa inilah pada slogan pantai tirtamaya terdapat kata "Pantai Legenda", Jejak perahu Ki Buyut Tuban masih terawat dan kini dimusiumkan, wisatawan dapat berkunjung melihat jejak perahu pada hari-hari tertentu seperti hari minggu dan libur karena memang pendatang pada hari ini melonjak naik.

Makam Ki Buyut Tuban juga tak jauh dari tepi pantai, makanya tak jarang  wisatawan yang berwisata sekalian berkunjung untuk menziarah Makam Ki Buyut Tuban.

Harga tiket masuk pantai tirtamaya indramayu

Untuk anda yang ingin menginap, terdapat juga penginapan yang jaraknya tidak jauh dari pantai ini. Sehingga anda bisa menikmati keindahan pantai ini lebih lama dengan anda menginap di sekitar pantai. 

Terdapat juga hotel dekat pantai ini seperti : Grand Trisula Hotel, Hotel WIWI PERKASA 2, Hotel Prima Indramayu, Hotel Handayani Indramayu.

Penginapan

Untuk anda yang ingin menginap, terdapat juga penginapan yang jaraknya tidak jauh dari pantai ini. Sehingga anda bisa menikmati keindahan pantai ini lebih lama dengan anda menginap di sekitar pantai. 

Terdapat juga hotel dekat pantai ini seperti : Grand Trisula Hotel, Hotel WIWI PERKASA 2, Hotel Prima Indramayu, Hotel Handayani Indramayu

Fasilitas pantai tirtamaya indramayu

Fasilitas pertama yang paling diutamakan yakni  pantai itu sendiri yang mempunyai panorama laut yang sangat mempesona dan indah. Di sisi lain anda juga dapat bersantai-santai dan berjemur dengan diiringi deburan ombak yang menyapu. Tak hanya menikmati panoramanya saja anda juga bisa berenang di tepian Tirtamaya dengan menggunakan ban sewaan dengan harga murah agar terjamin keamannya.

Setelah selesai berenang, anda dapat menikmati makanan khas Indramayu di deretan kantin sepanjang Pantai Tirtamaya ini. Berbagai jenis kuliner makanan serta minuman disandingkan untuk wisatawan yang mampir setelah berenang atau hanya sekedar melepas rasa lapar dan dahaga, terdapat juga rumah makan seafood yang akan membawa suasana pantai kepada anda.

Tak lupa juga, terdapat kamar mandi dan kamar ganti tersedia dengan fasilitas yang memadai dan kebersihan yang selalu terjaga.

Kekurangan dan kelebihan

Kelebihan

1. Sangat cocok buat keluarga
2. Terdapat restoran seafood
3. Penduduk lokal ramah
4. Tarif relatif murah
5. Tempat bersih dari sampah

kekurangan

1. Toilet ngantri ketika pengenjung melonjak
2. Kadang kehabisan air bilas bila pengunjung ramai
3. Tidak cocok buat anda yang ingin berenang di laut karena relatif dangkal

Seperti inilah gambaran Begini Pesona Pantai Tirtamaya Indramayu Jawa Barat, simak juga ulasan kami mengenai pantai glayem, ulasan ini semoga bermanfaat buat anda dan menambah daya tarik anda untuk mengunjungi tempat wisata yang legenda ini

Tidak ada komentar untuk "Begini Pesona Pantai Tirtamaya Indramayu Jawa Barat"